Workshop Pembekalan Sertifikasi Programmer Program Studi Sistem Informasi

Dalam rangka meningkatkan kualitas lulusannya dalam bidang Programmer, maka program Studi Sistem Informasi bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Bina Sarana Informatika mengadakan sertifikasi kompetensi bidang pemrograman (Programmer). Latar belakang diadakannya sertifikasi kompetensi ini adalah kebutuhan programmer yang semakin meningkat, dan terbukanya persaingan dengan SDM yang lain sehingga lulusan dari program Studi Informasi harus memiliki legitimasi dan pengakuan di bidang programmer, salah satunya dengan memiliki sertifikasi programmer.
Menindaklanjuti rencana tersebut, maka program studi Sistem Informasi mengadakan workshop pembekalan sertifikasi kompetensi programmer kepada mahasiswa di seluruh kampus, agar mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta sertifikasi (asesi) memiliki bekal dan pengetahuan mengenai apa yang harus dipersiapkan dan dilakukan sebelum proses sertifikasi. Acara workshop pembekalan dilakukan dibeberapa kampus UBSI, slah satunya kampus UBSI Cengkareng. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 5 Juli 2019. Tercatat 131 mahasiswa mendaftar sebagai peserta sertifikasi kompetensi programmer.
Workshop di awali dengan penjelasan bagaimana pentingnya sertifikasi bagi mahasiswa untuk persaingan di dunia usaha, bagaimana peluang mereka jika memiliki sertifikasi. Kemudian dilanjutkan dengan tutorial pendaftaran dan pengisian formulir yang dibutuhkan (APL-01 dan APL 02). proses ini terbilang sangat penting karena ini adalah langkah awal dalam melakukan proses sertifikasi. Setelah tutorial selesai materi berikutnya adalah memberikan materi mengenai apa saja yang harus mereka pelajari sebelum proses sertifikasi.
Dalam hal ini narasumber menjelaskan unit-unit apa yang harus dikuasai oleh para asesi saat proses sertifikasi programmer. Dan workshop ditutup dengan mengadakan pengisian pendaftaran dan pengisian formulir APL-01 dan APL-02 dipandu oleh narasumber
.
Dengan adanya kegiatan workshop pembekalan sertifikasi programmer ini diharapkan mahasiswa dapat mengikuti kegiatan sertifikasi kompetensi programmer dengan baik tanpa kendala, dan memiliki bekal cukup untuk mengikuti proses sertifikasi tersebut. Sehingga kedepannya lulusan mahasiswa Universitas Bina Sarana Informatika Program Studi Sistem Informasi benar-benar memiliki sertifikasi bidang programmer dan mampu bersaing dengan lulusan lain dalam dunia kerja.


EmoticonEmoticon